Minggu, 01 Juni 2008

Prof.Dr.Ing.H.B.J. Habibie

Presiden ketiga RI, Prof.Dr.Ing.H.B.J. Habibie lahir di pare-pare, sulawesiwi selatan 25 Juni 1936 menyelesaikan kuliah di Bandung, dilanjuti di Jerman di technische Hochehule, Achen, Jerman, dan lulus cumlaude untuk jurusan kontruksi pesawat terbang. Diplomat Ing diperoleh tahun 1960, gelar Doctor Ing. Dengan predikat summa cumlaude di tahun 1965. Bekerja di Jerman dan pernah menduduki wakil presiden dan Direktur Teknologi Masserschmitt Boelkow Blohm, sebuah industri pesawat terbang di Hamburg, Jerman.
Keberhasilan di dunia pendidikan dan juga dibidang teknologi kedirgantara'an itu kemudian dipanggil presiden soeharto pulang ke indonesia pada tahun 1974. Ia menduduki berbagai jabatan penting diantaranya sebagai mentri Riset dan Teknologi. Sebagai kepala pbamdan Penelitian dan Pengembangan Teknologi, pengembangan perusahaan Industsi Tesawat Terbang Nasional (IPTN), PT. PAL Surabaya, dan Wakil Presiden RI.
Pada tanggal 21 Mie 1998 Menerima limpahan wewenang dari Presiden Soeharto. Pada masa pemerintahan BJ Habibie, provinsi ke-27 Timor Timor lepas merdeka lewat jejak pendapat yang diawasi PBB, menjadi Republik Timor Leste. Kemerdekaan Timor Leste masih menyisakan masalah nasional, sepdrti pengungsi, asset RI yang ada disana, kelompok pemuda yang prointegrasi yang menolak kemerdekaan Timor Leste.
Pada sidang Umum MPR 1999, prof.Dr.B.J. Habibhe meletakan jcatan, karna laporan pertanggung jawabannya di tolak MPR.

Tidak ada komentar: